Fullwaving Honda GL100, Supra X 100, Grand

Fullwaving Honda GL100, Supra X 100, Grand

Satu postingan lagi sob buat malem ini ya :D
Masih soal motor, ane mau bahas lagi garapan yang abis ane kerjain, cara merubah kelistrikan honda GL100 menggunakan kelistrikan honda Tiger, istilah kerennya "Fullwave"
Penjelasan apa itu fullwave bisa dibaca dipostingan ane sebelumnya, disini.

Oke langsung aja ke inti pembahasan.
Sebelum memulai syarat utamanya adalah:
1. Motor yang mau di ekskusi <- Ini harus ada
2. Spull <- motornya harus ada spullnya juga hahaha

Oke selanjutnya apa aja sih yang dibutuhin:
1. Kabel (gunakan kabel yang bagus, biasanya ane beli di bengkel mobil)
2. Kiprok yang sudah menganut sistim fulwave (yang banyak digunakan dan ane gunakan kali ini kiprok Honda Tiger)
3. Soket kiprok
4. Heat Shrink/ Selang bakar (ini bisa dibeli di toko elektronik terdekat)
5. Packing blok magnet
6. Kopi + Roko (ini wajib, lebih bagus lagi kalo ada gorengannya hahaha)

Trus alat2 apa aja yang dibutuhkan:
1. Kunci T8 (untuk membuka blok magnet)
2. Gunting
4. Solasi
5. Alat kerok (bisa kikir, pisau atau gunting)
6. Timah dan solder
7. Multitester
8. Tang potong

Sebelumnya ane tekenin, prinsipnya sbenernya simple, tapi diperlukan ketelitian, jadi baca dan pahami langkahnya satu persatu.
Kalo udah siap semua langsung aja nyok ekskusi.

Pertama2 yang kita lakuin tentu aja bongkar blok magnet, gunakan kunci T8.

Gini nih kalo udah dibuka


Oke lanjut kebagian yang harus lebih teliti, melepas kawat ground spull. Mungkin bagi yang udah berpengalaman ini bukan hal yang susah untuk menentukan mana ground spullnya. GL100 ane udah ganti spull set punya pro series, dan spullnya sama persis seperti spull honda supra x 100.

Nah trus yang mana kawat ground spullnya? perhatikan lingkaran merah di gambar di atas. Hati2, terdapat 2 solderan dilingkaran itu. Yang satu kabel berwarna hijau, yg tu jangan diotak-atik, satu lagi ada solderan hanya berupa sebuah kawat, nah kawat ini yg kita potong. Ingat, KAWAT bukan yang kabel yaa.
Setelah dipotong kerok ujungnya pake kikir, pisau ato gunting sampe lapisan tembaganya ilang.
Kalo udah, kita ambil kabel yang kita siapin di awal (ane pakai warna biru, inget biar penjelesan dibawah ga bingung), trus sambungin ke kawat yang tadi kita potong trus kerok.
Sambungnya harus di SOLDER! kenapa harus? karena ini krusial, kita gamau sambungan ini lepas, bisa konslet, lumayan loh gulung ulang spull apalagi sampe ganti spull.
Trus jangan lupa juga sambungan harus ditutup pake heat shrink yang kita sediain di awal tadi, ane sangat menyarankan ini, karena kalo pake solasi, dikhawatirkan akan lepas karena terkena oli dan panas.

Sampai sini kita sudah selesai mencabut kawat spull, sebelum lanjut ke langkah selanjutnya mari kita cek satu persatu.

Ambil multitester, set ke mode continuity, multimeter bakal berbunyi beep kalau kedua probe/tester merah & hitam saling disentuhkan. Artinya, ada kontinyuitas (hubungan) antara titik-titik yang di ukur.

Pertama sambungkan satu probe/kabel multitester ke kabel ekstra (kabel baru yang kita sambungkan tadi), dan satunya lagi ke kabel warna putih dari soket asli spull.
Harus bunyi! kalau tidak bunyi berarti ada kesalahan, cek lagi sambungan kawat tadi.
Setelah itu cek antara kabel ekstra dengan kabel hijau di spull (lingkaran merah dari gambar diatas) Tidak boleh bunyi!

Setelah semua lancar, rapihkan kabel dengan melilitkan kegulungan agar tidak mengganggu magnet saat dipasang nanti.
Buat bolongan kecil di karet tempat kabel spull keluar, lalu keluarkan kabel ekstra tadi lewat situ.

Setelah kabel dirapihkan, pasang kembali spull dan blok magnet seperti semula..
Setelah terpasang rapih, lihat kabel yang keluar dari spull, disitu terdapat kabel warna kuning (kabel lampu), putuskan karena sudah tidak kita gunakan, kemudian solasi agar tidak terjadi konsleting apabila menyentuh rangka.

Beres dari spull lanjut ke bagian Kiprok.
Cabut soket dari kiprok asli. pada kiprok terdapat 4 kabel yaitu merah, hijau, putih dan kuning.
Siapkan kiprok dan soket tiger yang sudah kita sediakan.
Sebelumnya kita harus tau fungsi dari setiap soket yang ada, Perhatikan gambar berikut:



Gambar ane ambil dari Google dan blog Om Novaera

Oke selanjutnya kita mulai instalasi kiprok tiger yang kita sediakan di awal.
Soket nomor 1 : Kabel merah dari kiprok ori yang sudah kita lepas tadi.
Soket nomor 2 : Kabel kuning dari kiprok ori dan sambungkan(gabungkan) juga kabel dari kunci kontak (paling gampang sambungkan dengan kabel hitam di terminal sikring 10A dekat aki)
Soket nomor 3 : Kabel hijau dari kiprok ori yang kita lepas tadi.
Soket nomor 4 : Kabel putih dari kiprok ori yang kita lepas tadi.
Soket nomor 5 : Kabel biru (Kabel ekstra yang kita gunakan di bagian 1)
catatan: soket nomor 4 dan nomor 5 boleh terbalik psosisnya.

Rapihkan kabel dan amankan setiap sambungan dengan solasi agar tidak terjadi konsleting.

Sampai tahap ini kita sudah menyelesaikan proses fullwave, langkah terakhir adalah pengecekan untuk memastikan semua langkah benar, siapkan multitester:

Pengecekan 1: Cabut sikring 15A atau lepas kabel aki, nyalakan kontak, selah motor, kalo nyala berarti fullwaving berhasil.
Pengecekan 2: Pasang lagi sikring, nyalakan kontak, nyalakan lampu, apabila menyala berarti jalur lampu aman, matikan lagi.
Pengecekan 3: Cek Voltase aki, biasanya aki sehat akan menunjukan voltase kisaran 12.3~12.8V. Kemudian nyalakan kunci kontak dan mesin (boleh pake starter elektrik, boleh pake starter engkol). Lihat lagi angka di multimeter. Nilainya harus lebih tinggi dari 12V , kisaran 13~15V, pertanda output regulator mengambil alih suplai listrik.
Pengecekan 4: Kemudian nyalakan lampu utama, biasanya voltase bakal turun sampe 12V atau kurang dikit, ini normal. Lanjut putar gas sedikit (kira-kira setara dengan berjalan pada kecepatan 30~40 km/jam). Nilai voltase bakal naik hingga maksimal 14.5~15.6V, artinya ada suplai dari output regulator. Nilai ini nggak boleh >16V (baik kondisi tanpa beban maupun beban penuh) karena beresiko “menyiksa” aki dan komponen elektrik lainnya, termasuk CDI! Kalo output >16V, cek sambungan di soket nomer 2 tadi, atau bisa jadi malah kiproknya yang bermasalah, silahkan pinjam kiprok tiger orang untuk memastikan.

Setelah semua pengecekan dilakukan, berarti proses fullwaving telah selesai dengan benar.
Silahkan rapihkan kembali, kiprok silahkan tentukan tempat sendiri dan disarankan menempel kerangka aga lebih maksimal membuang panas.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dibawah pasti ane bales.

Special thanks buat Om Novaera dan Blog nya.

8 komentar:

  1. Ms bro kalo masang kabel bodi terlepas dari tiap sambungannya ngimana?.

    BalasHapus
  2. Mas ngambil kabel kunci kontaknya gmna?
    Kabel dari kunci kontak di putus trus di colokin ke soket no dua atau kabel kontak di biarin aja trus di sambung kabel baru lalu dicolokin ke soket no 2, please jawab ke email saya mas : putrazora4@gmail.com

    BalasHapus
  3. Mas ngambil kabel kunci kontaknya gmna?
    Kabel dari kunci kontak di putus trus di colokin ke soket no dua atau kabel kontak di biarin aja trus di sambung kabel baru lalu dicolokin ke soket no 2, please jawab ke email saya mas : putrazora4@gmail.com

    BalasHapus
  4. Mas ane mau eksperimen ke supra x 100cc dengan cara ini.. tapi saya bingung bagian penyambungan soket no.2?? Coba jelasin bang atau biar enak ngobrol di bbm bang gmna??

    Trims..

    BalasHapus
  5. Tp saya praktikin di motor gl100.. Tdk berhasil..padahal jalur sudah benar..tegangan 12v gak mau naik..trs sy pratekin di smash baru berhasil..baguus..kira kira kanapa ya yg gl kok gk berhasil..spull gl masih standar..cuma sy ubah groun sy jdiin pingisian..mohon pejelasanya ..trims

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. malam bro,motar cb 100 spul aku pakai supra x magnet punya gl pro cdi punya supra x begitu mau coba stater nda ada pengapian?

    BalasHapus
  8. malam bro,motar cb 100 spul aku pakai supra x magnet punya gl pro cdi punya supra x begitu mau coba stater nda ada pengapian?

    BalasHapus

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda