Etika dan Tata Cara Menulis di Internet

Etika dan Tata Cara Menulis di Internet


"Menulis" , pasti menulis sudah menjadi kebiasaan kita semua di kehidupan nyata, baik menuliskan pelajaran, menulisakan buku, menulis artikel, menulis karya ilmiah menulis catatan pribadi atau menuliskan curahan hati(Curhat),  tapi beberapa orang lebih memilih menulis semua itu di dunia maya, kenapa? mungkin menurut saya : Menulis di dunia maya lebih menguntungkan di bandingkan menulis di dunia nyata, karna di dunia maya tidak hanya orang lokal yang membaca tulisan kita, namun berbagai negara dari berbagai belahan dunia yang bisa mengakses internet bisa membaca tulisan kita di dunia maya, itu menurut saya, apakah pemikiran anda sama? jikalau pemikiran anda berbeda, bisa tinggalkan komentar di postingan ini.

Namun kita harus berhati - hati dalam menuliskan sesuatu di dunia maya, karna di dunia maya pun punya aturan - aturan untuk menulis, walaupun itu hanya sekedar curahan hati (Curhat), pada postingan kali ini saya akan menulis tentang Etika dan Tata Cara Menulis di Dunia Maya/Internet yang Baik dan Benar. 

Berikut Saya akan memberikan tips cara menulis atau curhat di Dunia Maya  :

 1. Tidak membajak karya orang lain

      Dalam menulis di dunia maya sebaiknya tidak membajak karya orang lain. Kalau pun anda mengambil sebagian teks dari karya orang lain, sebaiknya mencantumkan sumber tulisan nya, karna anda bisa masuk jeruji besi (penjara) karna anda membajak karya orang lain.



2. Tidak mengandung SARA


     Masalah SARA (Sosial, Adat, Ras Dan Agama) sangat rentang menimbulkan pertentangan yang akan berakibat buruk apalagi ditulis dalam media online yang bersifat mudah menyebar. Pemahaman orang tentang hal ini tentu saja berbeda-beda berdasarkan latar belakang orang yang membacanya. Keanekaragaman pemikiran tersebut akan menyulut masalah SARA yang ditulis dalam suatu blog menjadi masalah yang serius dan susah terkendalikan. Sehingga kita harus benar-benar dalam menyampaikan ini semua, karena jangan sampai rangkaian huruf dapat menjadi bom waktu yang dapat meledakkan kerukunan bangsa kita.  

3.Tidak merugikan pihak lain



   Maksud dari tidak merugikan orang lain adalah tidak menjelekkan nama orang lain, nama instantsi tertentu ataupun mengejek sebuah produk yang di jual di dunia maya ketika menulis di Internet. karna anda bisa di tuntut karna melakukan hal ini.

4. Sopan dalam penulisan

     Sopan akan membat para pembaca menjadi betah ketika membaca artikel/tulisan anda di dunia maya, dan mengakibatkan pembaca menunggu tulisan tulisan anda di dunia maya, sebaiknya tidak meng-Capslock tulisan dengan tujuan untuk menyindir atau memojokan seseorang.  

5. Tata bahasa harus benar 


    Gunakan tata bahasa yang benar ketika Anda menulis di Dunia maya. karna beberapa instansi melihat sebuah tulisan di blog sebagai bahan pertimbangan untuk bekerja sama antara para blogger dengan instansi tertentu. misalkan instansi google adsence atau instansi tecknorati ataupun yang lain
  
Sebenarnya hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan saat menulis di dunia maya adalah meningkatkan kehati-hatian, pikirkan lagi ketika kita ingin menulis di internet demikian juga tulisan di blog, untuk itu dalam menulis harus di pikirkan dulu tujuan yang hendak di capai dalam tulisan tersebut. Maka dari itu seharusnya kita harus lebih menghargai karya orang lain sehingga orang lain kan menghargai karya kita juga dan tetap menjunjung tinggi etika penulisan dalam internet.

Jika anda tidak sependapat dengan saya , silahkan tinggalkan komentar di postingan ini

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda