Game Engine: RPG Maker dan Tutorial

Game Engine: RPG Maker dan Tutorial

Hallo sob, posting lagi kite sob hahaha
Kangen ye sama postingan kite haha, biasa lah sibuk kite sob :D

Skip..skip..

Kali ini ane mau posting sedikit tentang Game Engine, kebetulan sekalian tugas kampus juga buat posting artikel ini.
Buat sobat blogger semua pasti banyak dong yang suka bermain game, nah pernah kepikiran ga buat bikin Game sendiri?
Nah sebenernya bikin game itu ga sesusah yang kita bayangin ko sob, saat ini udah banyak banget software yang disediakan buat membantu kita membuat game, nah software inilah yang disebut Game Engine.
Sebenernya banyak banget sob macem-macem Game Engine yang tersedia, salah satunya yang mau ane bahas kali ini yaitu software RPG Maker.

RPG maker adalah tools dari Enterbrain untuk mempermudah kita mendesain game RPG, RMXP release terlebih dahulu tahun 2005 (internasional) sebelum RMVX pada tahun 2008 (internasional). berikut beberapa perbedaan pada kedua versi tersebut :

1. Quick event (vx)

pada rmvx terdapat fitur Quick event, yaitu sudah tersedia beberapa event built in yg sering digunakan dalam game RPG, Quick event tersebut adalah, transfer, door, treasure cest, dan inn system. hal ini sangat memudahkan bagi newbie (baca : pemula) untuk langsung membuat event tersebut karena sudah disediakan template event built in lengkap dengan animasi,text dan sound-nya

2. vehicle system (vx)

vehicle system ( sistem transportasi )fitur yang dihilangkan pada rmxp, sehingga kita harus membuat secara manual, disediakan lagi pada rmvx. terdapat 3 vehicle yg disediakan boat, ship, dan airship. sedangkan untuk vehicle darat masih tetap manual

3. Map / tileset system

dalam masalah maping atau pembuatan map dengan tileset, rmxp menyajikan fitur yg lebih baik, walaw lebih rumit konfigurasinya akan tetapi rapi dan lengkap, adanya layer system yang baik pd rmxp.
RMXP menyediakan 3 Layer untuk maping + 1 layer tambahan untuk event ( bisa dimanfaatkan untuk maping) sedangkan RMVX hanya 2 layer layer dasar dan atas (CMIIW) + 1 layer untuk event. pada rmxp disediakan database khusus untuk menyimpan data konfigurasi setiap tileset <- custom banget, sedangkan di rmvx cukup sederhana passage systemnya. rmvx juga mengadopsi dungeon generator dr rm2k3.

4. dash movement (vx)

dash movement pada rmvx sudah tersedia built in.., system yg dikenalkan pd demo rmxp “howling of kerberos”

5. text message system

rmvx sudah menyediakan face graphic, sedangkan pd rmxp manual custom sript atau menggunakan event comand. hal ini menarik tapi sungguh merepotkan apabila setiap message membutuhkan ekspresi muka yg berbeda <- berlaku untuk lone wolf, not tim based :D

6. balloon icon

command : show balloon icon disediakan pada rmvx untuk membedakan dengan battle animation, dimana pd rmxp kita masih menggunakan command : show animation (general animation)

7. klasifikasi comand event dan RGSS2 (vx)

pada rmvx tampilan comand event dan RGSS2 sudah di klasifikasikan, nice UI looking for a newbie

8. graphic n view

graphic berbeda, rmvx berjalan pada 60 fps dengan tampilan gaya old-schooll, pemain cebol <- standar RTP rmvx. charset pd rmvx 4×3 (4 arah dan 3 pola animasi untuk tiap arah) , dalam satu charset bisa menghandle 8 karakter dengan komposisi 2×4 <- asumsi perbandingan besar tiap karakter sama.

battle system standar rmvx seperti rm2k <- 1st person view + text based, dengan improvisasi pada battle animation

battle system standar rmxp -> 1st person + visualisasi battle graphic

9. RGSS vs RGSS2

rmxp menggunakan RGSS untuk scripting nya, sedangkan di rmvx sudah menggunakan RGSS2, yg di klaim lebih simple, terstruktur dan mudah untuk dipelajari, perbedaan versi script ini membuat script rmxp ( sebagian besar ) tidak compatible dengan rmvx

kesimpulan rmvx tidak cocok sebagai sekuel dr rmxp karena lebih byk mengadopsi gaya rm2k3 dan rm2k ( terlihat pd logo ), rmvx cocok untuk para newbie dengan beberapa event built in, simple, user friendly UI. kelemahan dalam rmvx adalah proses maping yg kurang custom option.

rmxp cocok buat pro user, karena beberapa event harus secara manual seperti inn system , vehicle system tetapi sisi baiknya menjadi lebih custom, konsep layer dan tileset systemnya komplit walawpun minus map area dan dungeon generator <- lagi2 manual, hehehehe….

use rmxp-> high learning curve


Selanjut ane bakal sebutin beberapa step pembuatan game RPG menggunakan RPG Maker VX, ane gabisa jelasin satu persatu saat ini karena akan sangat panjang sob haha

Oke langkah-langkahnya secara garis besar adalah sebagai berikut:

1.Membuat Jalan Cerita
2.Membuat Peta Game
3.Membuat Kastil
4.Berdialog
5.Membuat Karakter utama
6.Membuat Desa
7.Membuat Toko
8.Merekrut Tim
9.Membuat Kapal
10.Membuat Penjara gelap bawah tanah (Dungeon)
11.Membuat Peti harta karun
12.Membuat pintu terkunci
13.Membuat Pilihan Ya/Tidak
14.Membuat Lanjutan Dari Penjara Gelap Bawah Tanah
15.Membuat 'Puzzle'
16.Fungsi Playtest
17.Membuat 'Puzzle' Part 2
18.Membuat Monster
19.Membebaskan monster
20.Membuat Bos musuh
21.Membuat Pertarungan Antara Bos dengan karakter utama dan kawan2
22.Membuat Penyelesaian (Ending)

Okee, sedikit banyak ya seperti itulah proses pembuatan game menggunakan RPG Maker, mungkin di lain kesempatan ane akan jelasin satu persatu prosesnya.
Oke sob, sekian dulu postingan ane kali ini.
See You :* hahaha


Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/RPG_Maker

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda