About Porting and Polishing

About Porting and Polishing

What is a porting & polished head job?

The engine production process is not perfect. Imperfections in the casting of parts leads to rough surfaces. A "port" usually involves remove/changing the size/shape of an opening. A "polish" smoothens the surface. The overall combination flows more than stock. Thus yielding better power.

Changing the shape improves the path of intake air/fuel, and polishing smooths the path, reducing turbulence
* Porting & polishing intake dan exhaust manifold
Porting adalah membentuk kembali lubang intake dan exhaust cylinder head agar volume udara dan bahan bakar yang masuk jadi bertambah besar dan lebih bebas hambatan.
Polishing adalah menghaluskan bagian-bagian yang sudah diport(ing) dan bagian lain agar hisapan udara dan BBM yang masuk jadi semakin lancar.
* Membersihkan ruang bakar (permukaan piston dan kubah ruang bakar) sampai tuntas dan kinclong, ini penting agar sisa pembakaran tidak mudah menempel kembali di ruang bakar.
* Slip cylinder head (customized dengan spek yang diinginkan with extracost)
* Ganti gasket cylinder head
* Ganti gasket intake manifold
* Ganti gasket exhaust manifold
* Ganti seal klep
* Skir klep (overhaul cylinder head=turun mesin setengah=istilah bengkel umum)
* Bersihkan HLA (bila ada)
* Ganti gasket head cover
* Tune up
* Membersihkan plenum intake dan throtle body (EFI)
* Ini adalah paket basic, tambahan pekerjaan lain disesuaikan (custom) dengan kebutuhan yang dikehendaki.

SANGAT DIREKOMENDASIKAN untuk mesin yang volume olinya sering berkurang (cukup banyak) akibat oli mesin ikut terbakar masuk ke ruang bakar, karena seal klep sudah rusak, juga bagi yang ingin akselerasi dan tenaga monstornya meningkat tanpa harus boros.
Sekalian turun mesin setengah (overhaul cylinder head) untuk ganti seal klep dan skir klep, sekalian diporting dan polishing.
Hemat waktu, juga tenaga dan biaya.

Tujuan utama port and polish adalah meningkatkan efisiensi volumetrik sehingga tercapai performance mesin yang optimum dan efisien. Tentu saja kami juga menyesuaikan (custom) paket port & polish ini dengan kondisi yang dikehendaki, misal: untuk harian tentu beda dengan untuk ngedrag abis (or racing use only). Dengan performa mesin yang lebih optimum akan tercapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik juga, alias tetap irit namun lebih bertenaga. Dalam konteks tertentu, pakai Premium serasa pakai Pertamax atau bohay yang biasanya pakai Premium ngelitik bisa hilang ngelitiknya atau signifikan berkurang ngelitiknya, efek lainnya, bohay yang biasanya harus pakai Pertamax/Plus bisa pakai Premium dan tetap bertenaga!


Selesai :)


Sumber : K.O.K KASKUS

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda